banyak minum teh ijau dapat cegah kangker paru-paru

Minggu, Januari 17 13.02 By rio obbit keciel

rio dede 17 januari 2010
Liputan6.com, Taipei: Teh hijau memang berkhasiat. Sejumlah ahli medis di Taiwan, membuktikan bahwa teh hijau dapat mencegah penyakit kanker paru-paru. Demikian seperti dilansir BBC, belum lama berselang.

Hasil penelitian mereka menunjukkan, perokok dan non-perokok yang mengonsumsi setidaknya satu cangkir sehari dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Namun, para ahli kanker mengingatkan, hal ini tidak mengubah fakta bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan.

Teh hijau dibuat dari daun-daun kering dari tanaman Asia, Camellia. Tingkat penderita kanker paru-paru di Asia lebih sedikit dibandingkan negara lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun teh hijau, yang disebut polifenol, dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

Doktor I-Hsin Lin dari Shan Medical University, mengatakan bahwa di antara perokok maupun bukan perokok, mereka yang tidak minum teh hijau lebih rentan terkena kanker paru-paru. Dibandingkan mereka yang meminum setidaknya satu cangkir per hari.

Hanya saja, menurut Yinka Ebo dari Pusat Penelitian Kanker di Inggris, bukan berarti para perokok serta-merta terhindar dari kanker tersebut. Kendatipun mereka mengonsumsi teh hijau. Ini mengingat tembakau dapat memenuhi paru-paru dengan sekitar 80 jenis bahan kimia penyebab kanker.(ANS)

0 komentar: