Kopi Rasa Arang, Pengusir Masuk Angin

Selasa, Januari 19 15.37 By rio obbit keciel

Yogyakarta: Warung angkringan sampai sekarang menjadi salah satu tempat favorit tongkrongan warga di Kota Yogyakarta. Satu di antara warung angkringan yang tidak pernah sepi pengunjung adalah warung milik Pak Min. Warung ini berada di kawasan timur Stasiun Tugu, Yogyakarta.


Selain bisa menikmati aneka makanan tradisional, di tempat ini ada satu menu yang tidak ada di warung angkringan lainnya, yaitu kopi jos. Kopi jos seperti kopi pada umumnya. Hal membedakan adalah kopi ini dicelup dengan arang yang masih membara. Bunyi jos saat bara arang dimasukkan dalam kopi inilah yang kemudian minuman ini disebut kopi jos.

Para pelanggan yang datang ke tempat ini rata rata ingin menikmati kopi yang tidak bisa dijumpai di warung lain. Selain menikmati rasa kopinya yang mantap kopi jos ini juga diyakini bisa mengusir masuk angin dan perut kembung.

Pedagangnya mengaku untuk membuat kopi jos ini arang yang digunakan adalah khusus, bukan arang sembarangan atau biasa dijual umum. Arang ini dibuat sendiri dari bahan kayu jati dan kayu asem. Resep ini didapat secara turun-temurun dari orangtua yang dulunya menjual minuman kopi jos.

Cukup dengan merogoh kocek Rp 2.000, Anda bisa menikmati kopi jos sembari mengobrol bareng teman. Rehat dan menyeruput kopi sekaligus menikmati aneka hidangan lainya dengan harga yang cukup murah.(ANS)

0 komentar: