kampus dan jurusan yang cocok bukan hanya ngikut2 teman dan coba-coba

Sabtu, Februari 20 12.24 By rio obbit keciel

akhir2 ini kebanyakan dikaum pelajar...untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti kuliah kebanyakan hanya ngikut2 teman saja "itu menurut pandangan saya".......
padahal itulah gunanya mata pelajaran bimbingan konsling atau BK di bangku SMA sangat digunakan untuk menggali potensi minat dan bakat sekaligus untuk mengarahkan pelajarnya...masuk kedunia mana....
jangan cuma ngikut-ngikut teman ....dan itu hanya akan membuat teman2 merugi.....tenangkan pikiran...pikirin baik2..kemana sebenarnya bakak kita dan kemana yang cenderung kita lebih menggemarinya.......


satu hal lagi jangan sekali2 untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi jangan pernah katakan untuk coba2......contoh halnya seperti teman saya......dia ikut ujian snptn milih prodi/jurusan sembarangan saja.....asalkan dia pengen masuk perguruan tinggi yg diminatinya....waktu itu dia memilih pertenakan di salah satu perguruan tinggi negri yg banyak diminati.....padalah saya tau dia berbakat sekali dalam bidang komputer eh malah dia milih peternakan....alhasil tahun sekarang dia ngulang ujian lagi buat masuk perguruan tinggi lain katanya kagak betah belajar peternakan.....kan sayang sudah merugi 1 taon......

disini kita harus memegang 2 kata kunci ingin maju dan mau mengambil kesempatan....
untuk hal ini saya selaku penulis ini bercerita tentang minat dan bakat saya....
dalam hal ini saya berminat sekali dalam hal komputer.....
sewaktu SMA saya sudah bikin ancang2 untuk masuk jurusan kalau gak ilmu komputer atau teknik informatika..........
saya juga sadar sewaktu SMA nilai saya tidak terlalu bagus dan saya waktu SMA masuk jurusan IPS.....saya sadar kata-kata orang banyak kalau anak IPS susah kalau ngambil jurusan IPA..yang saya tau ilmu komputer dan T.informatika itu banyak termasuk ke jurusan IPA.....

dalam hal ini saya sudah mendapatkan titik terang.....kalau untuk masuk ke perguruan tinggi negri dengan masuk Jurusan anak IPA mungkin sangat susah...dan saya diberi gambaran oleh kakak saya yg berada di jogja duluan...katanya masuk UII aja...ambil jurusan T.informatika...katanya UII memperbolehkan anak jurusan IPS di SMA mengambil jurusan apa saja kecuali kedokteran......jadi saya tidak terlalu pusing pas itu....
setelah selesai UAN saya langsung kejogja dari kampung saya yaitu sumatra barat....
saya mengikuti ujian CBT di kampus UII yang sangat saya cintai......

sekarang saya sangat bangga bisa jadi salah satu mahasiswa DI UII jogja...selain dapat jurusan yang saya minati..
UII juga tidak hanya menciptakan lulusan2 terbaik,UII jogja juga menciptakan dan memjadikan mahasiswa yang inteleg yang memegak teguh syari'a islam.......
jadi intinya WALAUPUN KITA HEBAT KITA TIDAK TELEPAS DARI AJARAN AGAMA KITA......

semoga para2 pelajar sekarang dapat menentukan minat dan bakatnya mulai sekarang...good luck

0 komentar: